NqN5LWB7MGx5MWRcLGx5NGFcLDcsynIkynwbzD1c

Pembelajaran Karakter Melalui Kisah Nabi dan Sahabat

BLANTERLANDINGv101
2388665784219781519

Pembelajaran Karakter Melalui Kisah Nabi dan Sahabat

Jumat, 24 Mei 2019
Setelah selesainya kegiatan pembukaan pesantren Ramadhan, para siswa melaksanakan beberapa sesi kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah pembelajaran kisah nabi dan sahabat. Sesi ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter yang baik (akhlakul karimah) melalui kisah keteladanan utusan Allah.

Kegiatan dilaksanakan di ruang aula pukul 09.45 - 11.15 WIB. Siswa didampingi oleh wali kelas masing-masing berkumpul untuk selanjutnya menyimak arahan. Kegiatan yang dipandu oleh Muhammad Tri Wahyudi, S.Pd., ini mengusung judul "Nabi Sulaiman Yang Kaya". Kegiatan diawali dengan tanya jawab yang mengarah ke isi pembelajaran, misalnya "siapa yang kenal dengan Nabi Sulaiman?., apa saja hal menarik pada Nabi Sulaiman?., dll"

Sembari mengondisikan suasana, Pak Surya menyiapkan alat dan media pembelajaran berupa proyektor dan kaset CD Kisah Nabi Sulaiman. Setelah semuanya siap, para siswa selanjutnya menyimak tayangan audio visual tentang kisah tersebut.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah, banyak siswa yang kagum akan kehebatan yang Allah berikan kepada Nabi Sulaiman. Kehebatan tersebut antara lain kemampuan berkomunikasi dengan binatang, angin, bahkan jin. Namun demikian, Nabi Sulaiman tetap tunduk kepada Allah dan tidak pernah sekalipun menyombongkan diri. Pembelajaran yang ditumbuhkan adalah tentang sikap rendah hati. Meskipun seseorang diberikan berbagai kelebihan oleh Allah, namun orang tersebut tidak boleh sombong, karena semuanya hanyalah titipan. (agz)
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang