Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari tenaga kependidikan (TU) serta guru yang menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, humas, dan sarana prasarana. Para peserta dibekali dengan keterampilan praktis dalam mengelola administrasi sekolah secara digital menggunakan berbagai layanan Microsoft 365. Materi utama yang diberikan antara lain: pengenalan Microsoft 365 untuk pendidikan, fitur-fitur utama, serta pemanfaatan dan integrasi Microsoft 365 dalam manajemen data sekolah.
Pelatihan berlangsung secara interaktif dan aplikatif, diselingi dengan praktik langsung dan studi kasus administrasi pendidikan. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan dan berharap kegiatan serupa dapat terus dikembangkan untuk memperkuat kompetensi digital, terutama dalam konteks sekolah luar biasa.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah kehadiran langsung Kepala Balai Tekkomdik DIY, Bp. Rudy Prakanto, S.Pd., M.Eng., yang turut memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya pengembangan budaya digital di lingkungan pendidikan dan memperkenalkan rintisan Jogja Smart School, di mana SLB Negeri 2 Yogyakarta juga menjadi salah satu sekolah binaan dalam inisiatif tersebut. Hal ini menjadi penyemangat bagi seluruh warga sekolah untuk terus berkembang dalam pemanfaatan TIK secara inklusif dan berkelanjutan.
Kepala SLB Negeri 2 Yogyakarta, Ibu Dyah Sulistyawati, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi kepada Balai Tekkomdik DIY atas penyelenggaraan kegiatan ini. Beliau berharap, melalui pelatihan ini para tenaga kependidikan dan para wakil kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan dalam manajemen data dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, guru-guru juga diharapkan mampu mengelola aspek kurikulum, kesiswaan, hubungan masyarakat, dan sarana prasarana secara lebih efektif dan efisien.
Dengan adanya kegiatan ini, SLB Negeri 2 Yogyakarta semakin memiliki bekal mengoptimalkan teknologi digital dalam proses administrasi pendidikan yang kolaboratif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. (yun)