NqN5LWB7MGx5MWRcLGx5NGFcLDcsynIkynwbzD1c

SLBN Kota Magelang Melihat Batik Suntak

BLANTERLANDINGv101
2388665784219781519

SLBN Kota Magelang Melihat Batik Suntak

Rabu, 04 Oktober 2023
Relaksasi sekaligus menemukan ide baru merupakan kegiatan yang perlu dilakukan. Apalagi ditengah padatnya rutinitas yang justru membuat seseorang 'lelah' secara mental. Bosan adalah situasi yang tak terhindarkan. Maka kunjungan ke sekolah lain menjadi cara yang menyenangkan untuk mengurai simpul kebosanan. 

Pada Rabu, 4 Oktober 2023, SLBN 2 Yogyakarta menerima kunjungan sahabat belajar dari SLBN Kota Magelang. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka belajar bersama dan bertukar pengalaman. "Sekolah kami tidak luas, kami tidak memiliki lapangan olahraga, jadi untuk kegiatan kami menyewa di luar", demikian kata Ibu Dyah Sulistyawati, kepala SLBN 2 Yogyakarta. "Namun demikian dengan kemampuan yang ada, alhamdulillah anak-anak dapat berlatih olahraga dengan sungguh-sungguh sehingga berhasil meraih juara pada beberapa lomba", imbuhnya. Setelahnya beliau memperkenalkan beberapa kegiatan keterampilan unggulan diantaranya keterampilan boga, kriya kayu, dan batik.

"Dari luar kelihatan kecil, tetapi setelah masuk kok lumayan luas juga ya", respon Ibu Siti Asnah, kepala SLBN Kota Magelang. Setelah beramah-tamah, dilaksanakan keliling lingkungan sekolah. Dengan ditemani Pak Yudi selaku koordinator Sanggar Kriya Mandiri (SKM) SLBN 2 Yogyakarta, para sahabat berkeliling menyaksikan kegiatan pembelajaran praktik kriya kayu, rekayasa souvenir, dan batik. "Ya, Batik Suntak adalah inovasi kami. Kalau pakai canting anak-anak masih sulit mengikuti, jadi untuk menorehkan malam dengan kami suntak (tuang) langsung ke kain dengan menggunakan cangkir", kata Ibu Dyah.

Pengawas Diksus Dinas Dikpora DIY, Ibu Tunzinah menyampaikan bahwa kunjungan ini sarat makna. Silaturahmi, berbagi ilmu, berlomba dalam kebaikan, merupakan hal-hal yang bermakna. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. Tak lupa kami saling bertukar produk keterampilan dari sekolah masing-masing. "Ya, di kesempatan yang lain semoga kami juga dapat melakukan kunjungan balik ke SLBN Kota Magelang." pungkas Ibu Dyah. -agz

Batik Suntak SLBN2 Jogja | photo: Nuri


BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang