NqN5LWB7MGx5MWRcLGx5NGFcLDcsynIkynwbzD1c

Kirab Obor Virtual Pekan Special Olympics Nasional 2022

BLANTERLANDINGv101
2388665784219781519

Kirab Obor Virtual Pekan Special Olympics Nasional 2022

Selasa, 22 Februari 2022

22-02-2022, pada tanggal cantik ini terselenggara Kirab Obor Virtual Pekan Special Olympics Nasional Wilayah D.I.Yogyakarta. Rute kali ini adalah dari Kab. Klaten-D.I.Yogyakarta dan setelahnya akan dilanjutkan ke kabupaten lainnya. Kegiatan kirab obor ini adalah pertama kali diselenggarakan.

Fyi, Indonesia bergabung menjadi anggota Special Olympics ke-79 pada 9 Agustus 1989. Pada tingkat nasional, Special Olympics dikenal sebagai SOIna (Special Olympics Indonesia). SOIna menyelenggarakan pekan olahraga 4 tahunan sejak 1990 bernama Pornas SOIna (Pekan Olahraga Nasional SOIna). Event ini mempertandingkan para atlet bertalenta khusus yaitu para penyandang disabilitas intelektual.

Dunia terus berkembang, geliat olahraga pun perlu adanya pembaharuan. Oleh karena itu pada tahun 2022 ini akan digelar PeSONas (Pekan Special Olympic Nasional) ke-1 tahun 2022 di Kota Semarang. Bedanya dengan SOIna adalah bahwa PeSONas ini tidak hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga, tetapi juga pementasan seni budaya. Hal ini sekaligus sebagai ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada event Special Olympics World Summer Games 2023 di Berlin, Jerman. 

PeSONas 2022 telah dilaunching 9 Desember 2021 lalu di Halaman Stadion Manahan Surakarta. Pada momen ini dilakukan pula pengambilan api Abadi Mrapen di Grobogan. Lanjutan dari kegiatan tersebut adalah Kirab Obor Virtual dan Ekspresi Seni Budaya PeSONas. Event dikemas secara virtual karena obor tidak diarak dalam kirab, melainkan diambil dokumentasinya secara visual. Selanjutnya obor disemayamkan secara estafet di kabupaten yang dilewati. Rute kirab ini adalah melewati 42 kabupaten/kota di 6 provinsi yaitu Jateng, Jatim, Jabar, Banten, DKI, dan D.I.Yogyakarta. Tujuan event ini adalah untuk menyosialisasikan kesetaraan bagi para atlet bertalenta khusus para penyandang disabilitas intelektual.

Hari ini, obor sudah sampai di D.I.Yogyakarta. Penerimaan dilaksanakan di GOR Amongrogo. Obor diserahkan oleh Wakil Bupati Klaten Bapak Yoga Hardaya. Selanjutnya obor diterima oleh Sekda D.I.Yogyakarta Bapak R. Kadarmanta Baskara Aji. Adapun tim pembawa obor adalah Anjas Rahmat Setiawan siswa SLBN 2 Yogyakarta, Ruwida Riswanda siswa SLB Bhakti Siwi, siswa SLB Tunas Kasih, dan siswa SLB Wiyata Dharma 2. Masing masing adalah peserta Special Olympics Global Youth Leadership Summit 2019 di Abu Dhabi, juara dunia bulu tangkis, dan juara nasional bola bocce.

Momen penerimaan obor ini dilakukan beberapa kegiatan seperti opening peserta kirab dengan disambut lagu Negeri di Awan oleh siswa SLBN 1 Bantul, fashion show dari SLB PGRI Minggir, dance ability dari SLBN 1 Yogyakarta dan doa bersama oleh Bapak Nizam Zulfikar. Obor akan berada di D.I.Yogyakarta hingga 1 Maret nanti dan kemudian akan berlanjut ke Kab. Purworejo dan seterusnya. Puncak acara adalah pada 3-8 Juli yakni event PeSONas 2022 di Semarang. (agz)



BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang