NqN5LWB7MGx5MWRcLGx5NGFcLDcsynIkynwbzD1c

Asyiknya Belajar Table Manner di Hotel Santika Yogyakarta

BLANTERLANDINGv101
2388665784219781519

Asyiknya Belajar Table Manner di Hotel Santika Yogyakarta

Rabu, 15 Mei 2019
Table manner merupakan serangkaian aturan yang berlaku dalam jamuan makan. Aturan ini diantaranya tentang etika/ sopan-santun, tahapan penyantapan makanan, tahapan meletakkan dan menggunakan peralatan makan. Yang termasuk etika makan yaitu cara mengambil makanan, cara meletakkan makanan ke piring, cara duduk, cara mengunyah, dan sebagainya.

Anak berkebutuhan khusus dididik di sekolah agar nantinya dapat mandiri. Kemandirian ini diantaranya adalah mampu makan tanpa bantuan. SLB Negeri 2 Yogyakarta melatih anak agar mampu memahami table manner dengan baik. Setidaknya, mereka mengerti dan mendapatkan pengalaman melaksanakan table manner di hotel atau restoran. Oleh karena itu, para siswa dengan didampingi guru belajar table manner di Hotel Santika Yogyakarta.

Hotel ini terletak di Jl. Jend. Sudirman No.19, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Para siswa berlatih menempatkan sendok, garpu, serta piring di sebuah meja makan. Selain itu, siswa belajar melipat serbet, menuangkan minuman, serta meletakkan makanan. Adalah suatu kegembiraan manakala siswa dapat melaksanakan table manner, misalnya menuangkan minuman tanpa tumpah, hal ini karena memang sebagian siswa adalah anak tunagrahita sedang yang perlu selalu dibiasakan agar dapat makan dan minum dengan mandiri. Kepala SLB N 2 Yogyakarta, Dra. Tunzinah, M.Pd., yang turut mendampingi siswa sesekali mengapresiasi ketika siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik. Alhamdulillah, dengan kegiatan ini, para siswa mendapatkan pengalaman table manner, dan khusus anak tunagrahita ringan, hal ini dapat mereka kembangkan dalam keterampilan tata boga di sekolah. (syf, agz)






BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang