Jumat, 24 Mei 2019

Menggapai Jannah Bersama ABK

Judul pada tulisan ini merupakan tema yang disampaikan pada kegiatan Pengajian Menjelang Berbuka Puasa di SLB Negeri 2 Yogyakarta pada Jumat, 24 Mei 2019. Kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangkaian Pesantren Ramadhan 2019.

Narasumber kegiatan tersebut adalah dr. Ery Prasetya, SH., M.Psi. Beliau adalah seorang dokter sekaligus psikolog yang memiliki pondok pesantren khusus ABK. Pada kegiatan ini, beliau menyampaikan motivasi kepada orangtua siswa sehingga mereka diharapkan lebih ikhlas dalam mengemban amanah mengasuh ABK. 

Pengajian menjelang berbuka puasa ini setidaknya diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari siswa, orangtua siswa, guru, serta komite sekolah. Narasumber menyampaikan bahwa dalam mendidik anak menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, tidak cukup hanya dengan diberikan materi dan pelajaran saja, melainkan juga diberikan contoh terutama oleh orangtua di rumah. Jika menginginkan anak bisa melaksanakan shalat, maka orangtua juga perlu memberi teladan melaksanakan shalat. Hal ini karena anak banyak menyerap masukan dari hal-hal yang mereka saksikan. hal-hal tersebut selanjutnya mewujud menjadi "benang karakter", yang selanjutnya benang-benang tersebut nantinya terajut menjadi karakter atau watak pada diri si anak.

Filosofinya adalah bahwa tanah yang subur dapat menumbuhkan tanaman dengan lebih baik. Demikian halnya jika lingkungan anak adalah lingkungan yang mengandung nilai-nilai keteladanan yang baik, maka tanpa banyak bernarasi pun si anak dapat tumbuh dan berkembang dari nilai-nilai tersebut.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 16.00 WIB ini pun selanjutnya ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan berbuka puasa. Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah dengan adanya beberapa orangtua siswa yang terharu akan nilai-nilai yang disampaikan oleh dr. Ery Prasetya. Mereka menjadi lebih sadar bahwa anak-anak berkebutuhan khusus yang mereka miliki tersebut merupakan kunci surga kelak si kemudian hari. Pada akhir sesi, peserta mendapatkan sertifikat dan nomor kontak sehingga para orangtua dapat berkonsultasi di kemudian hari. dr. Ery Prasetya, SH., M.Psi. dapat dihubungi melalui nomor 085879632660. (agz)




0 komentar:

Posting Komentar